Minggu, 26-01-2025
  • Selamat Datang di Portal Resmi Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al Mourky Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo, Madrasah Unggul dalam Prestasi, Religius dan Berkarakter

APA ITU AKM?

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Selamat Datang di MIS Al Mourky Telaga Kabupaten Gorontalo

Asesmen kompetensi minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM: literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencangkup  keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi. AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.

NUMERASI

Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia

LITERASI

Literasi membaca didefinisikan sebagai kampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Literasi Dibagi 2 Yaitu

  1. Literasi teks fiksi
  2. Literasi teks informasi
Level Pembelajaran AKM untuk SD/MI

Berikut ini kami berikan contoh soal numerasi dan  literasi (literasi teks fiksi dan literasi teks informasi)

CONTOH SOAL NUMERASI

Level Pembelajaran 1 ( Kelas 2 )
A. Bilangan
1. Representasi
2. Sifat Urutan
3. Operasi
B. Geometri dan Pengukuran
1. Bangun Geometri
2. Pengukuran
C. Aljabar
1. Persamaan dan Pertaksamaan
2. Relasi dan Fungsi (termasuk pola bilangan)
Level Pembelajaran 2 ( Kelas 4 )
A. Bilangan
1. Representasi
2. Sifat Urutan
3. Operasi
B. Geometri dan Pengukuran
1. Bangun Geometri
2. Pengukuran
C. Aljabar
1. Persamaan dan Pertaksamaan
2. Relasi dan Fungsi (termasuk pola bilangan)
D. Data dan Ketidakpastian
1. Data dan Representasinya
2. Ketidakpastian dan Peluang

Level Pembelajaran 3 ( Kelas 6 )
A. Bilangan
1. Representasinya
2. Sifat dan urutannya
3. Operasi
B. Geometri dan Pengukuran
1. Bangun Geometri
2. Pengukuran
C. Aljabar
1. Persamaan dan Pertaksamaan
2. Relasi dan Fungsi (termasuk Pola Bilangan)
D. Data dan Ketidakpastian
1. Data dan Representasinya
2. Ketidakpastian dan Peluang

CONTOH SOAL YANG BERKAITAN DENGAN LITERASI FIKSI

Level Pembelajaran 1 ( Kelas 1 & 2 )
A. Menemukan Informasi
1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks
B. Memahami
1. Memahami teks secara literasi
2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak
C. Mengevaluasi dan merefleksi
1. Menilai format penyajian dalam teks
Level Pembelajaran 2 ( Kelas 3 & 4 )
A. Menemukan Informasi
1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks
B. Memahami
1. Memahami teks secara literal
2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak
C. Mengevaluasi dan merefleksi
1. Menilai format penyajian dalam teks
2. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi
Level Pembelajaran 3 ( Kelas 5 & 6 )
A. Menemukan Informasi
1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks
B. Memahami
1. Memahami teks secara literal
2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak
C. Mengevaluasi dan merefleksi
1. Menilai format penyajian dalam teks
  • Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya.
2. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi

CONTOH SOAL YANG BERKAITAN DENGAN LITERASI INFORMASI

Level Pembelajaran 1 ( Kelas 1 & 2 )
A. Menemukan Informasi
1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks
B. Memahami
1. Memahami teks secara literal
2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak
C. Mengevaluasi dan merefleksi
1. Menilai format penyajian dalam teks
Level Pembelajaran 2 ( Kelas 3 & 4 )
A. Menemukan Informasi
1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks
B. Memahami
1. Memahami teks secara literal
2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak
C. Mengevaluasi dan merefleksi
1. Menilai format penyajian dalam teks

2. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi

Level Pembelajaran 3 ( Kelas 5 & 6 )
A. Menemukan Informasi
1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks
B. Memahami
1. Memahami teks secara literal
2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak
C. Mengevaluasi dan merefleksi
1. Menilai format penyajian dalam teks
2. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi

Untuk Simulasi AKM , ADIK-ADIK silahkan klik tombol dibawah ini

Demikian informasi yang kami sampaikan semoga bermanfaat.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Pengumuman

Agenda

Info Madrasah

MIS AL MOURKY

NSPN : 60724162
Jl. Al-Mukarromah No. 6 Desa Mongolato Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo
TELEPON (0435) 8361845
EMAIL misalmourky@gmail.com
WHATSAPP +62-85240639666

Berita Terbaru