Jumat, 14-06-2024
  • Selamat Datang di Portal Resmi Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al Mourky Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo, Madrasah Unggul dalam Prestasi, Religius dan Berkarakter

5 Point Keteladanan dari Peristiwa Isra dan Miraj Nabi Muhammad SAW

Diterbitkan :

Isra dan Miraj adalah fenomena luar biasa dalam sejarah Islam yang terjadi pada masa kenabian Muhammad SAW, ketika ia mendapat Mukjizat untuk bisa menembus langit ketujuh bertemu Allah.
Dalam perjalanannya, peristiwa Isra Miraj ini memiliki sederet kisah menarik yang bisa diambil hikmah untuk menambah ketakwaan sebagai umat Muslim.

Berikut ini beberapa keteladanan peristiwa Isra Miraj yang dilakukan Nabi Muhammad:

1. Mukjizat

Isra Miraj merupakan mukjizat bagi Nabi Muhammad dengan perjalanannya dari Masjidil Aqsa menuju Sidratul Muntaha. Dalam sejarah, itu adalah perjalanan pertama manusia di dunia menuju luar angkasa dalam satu malam, yang kembali ke bumi dengan selamat atas izin Allah.

Selain itu, mukjizat menjadi suatu kemampuan luar biasa yang hanya dimiliki Allah SWT untuk para nabi serta rasul-Nya, dan digunakan sebagai alat kebenaran adanya nabi juga rasul.

2. Masjidil Aqsa

Dalam perjalanan Isra Miraj, disebutkan dua masjid bagi umat Islam yaitu Masjidil Haram dan Masjidil Aqsa, sebagai tempat suci yang memiliki kedudukan tertinggi.

Membela dan melindungi Masjidil Aqsa dan sekelilingnya, sama dengan turut membela agama Islam. Masjidil Aqsa juga pernah menjadi kiblat shalat bagi Muslim sebelum ditetapkannya ka’bah. Bahkan, Rasul mendarat di Masjidil Aqsa tepat setelah peristiwa Isra Miraj.

3. Islam Agama Suci

Keteladanan peristiwa Isra Miraj lainnya yaitu bukti bahwa Islam merupakan agama suci. Hal ini berdasarkan pada kisah perjalanan Nabi Muhammad ketika diberi suguhan khamr dan susu.

Saat itu, dari beberapa yang disuguhkan kepada Nabi Muhammad, dirinya memilih cawan yang berisi susu daripada khamr. Jibril mengatakan: “Susu adalah lambang dari kemurnian dan fitrah yang menjadi ciri khas Nabi Muhammad serta umatnya.”

4. Nabi Akhir Zaman

Nabi Muhammad SAW adalah nabi yang paling utama di antara para nabi. Keistimewaannya yaitu Nabi Muhammad melebihi sekalian dari para Nabi, dengan tiga macam sifat:

Sesungguhnya beliau adalah Nabi yang paling utama.
Sesungguhnya beliau diutus kepada seluruh umat manusia.
Sesungguhnya beliau adalah penutup dari para Nabi, sehingga tidak akan ada Nabi lagi yang akan datang (diutus) sesudah beliau
Karena Muhammad SAW adalah nabi terakhir yang diutus, maka otomatis wahyu kenabian itu sudah terputus semenjak Nabi Muhammad wafat.

5. Kewajiban Salat Fardu

Nabi melakukan Isra Miraj dengan ruh dan jasadnya sebagai mukjizat. Hal tersebut menjadi sebuah keharusan bagi tiap Muslim menghadap (Miraj) kepada Allah SWT, lima kali dalam sehari dengan jiwa dan hati yang khusyuk.

Dengan shalat yang khusyuk, seseorang akan merasa diawasi Allah, sehingga ia malu untuk menuruti hawa nafsu, malu berkata kotor, berbohong, juga enggan mencaci orang lain.

Itulah bentuk keteladanan peristiwa Isra Miraj yang dapat disimpulkan, sehingga sebagai umatnya senantiasa bisa terus meningkatkan keimanan kepada Allah.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Pengumuman

Agenda

Info Madrasah

MIS AL MOURKY

NSPN : 60724162
Jl. Al-Mukarromah No. 6 Desa Mongolato Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo
TELEPON (0435) 8361845
EMAIL misalmourky@gmail.com
WHATSAPP +62-85240639666

Berita Terbaru