Selamat Datang di Portal Resmi Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al Mourky Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo, Madrasah Unggul dalam Prestasi, Religius dan Berkarakter
Anda ada di : Beranda - Berita - Daftar Pekerjaan Proktor Sebelum, Saat dan Paska Asesmen Nasional
Daftar Pekerjaan Proktor Sebelum, Saat dan Paska Asesmen Nasional
Diterbitkan : Kamis, 7 Oktober 2021 - Kategori : Berita
Untuk memastikan Asesmen Nasional berjalan dengan lancar tanpa kendala, proktor dan teknisi memastikan daftar pekerjaan proktor sebelum, saat, maupun setelah Asesmen Nasional berlangsung telah dilakukan dengan benar. Ceklis daftar pekerjaan proktor ini sekaligus menjadi kontrol prosedur persiapan dan pelaksanaan Asesmen Nasional.
Apalagi bagi madrasah yang akan segera melaksanakan Asesmen Nasional. Dimana untuk jenjang Madrasah Aliyah, bersama dengan SMA sederajat akan menggelar Asesmen Nasional besok tanggal 27-30 September 2021. Disusun dengan jenjang Madrasah Tsanawiyah, bersama jenjang SMP sederajat yang menggelarnya pada 4-7 Oktober 2021.
Sedang untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah, bersama sekolah dasar akan dilaksanakan dalam dua gelombang yaitu 8-11 November 2021 (gelombang 1) dan 15-18 November 2021 (gelombang 2).
Ceklis Pekerjaan Proktor AN Moda Online
Untuk memastikan persiapan dan pelaksanaan Asesmen Nasional telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur sebagaimana tertuang dalam POS Asesmen Nasional, berikut ceklis pekerjaan proktor yang harus diperhatikan baik oleh proktor maupun teknisi AN bagi sekolah/madrasah yang menggunakan moda online (daring).
1. Tahap Persiapan
Memastikan Instalasi Jaringan
Memastikan koneksi internet stabil & dedicated untuk pelaksanaan asesmen (bandwith dengan rasio 12 Mbps/15 komputer klien)
Memasang UPS Pada Modem/Router/Komputer Proktor
Memastikan koneksi internet stabil & dedicated untuk pelaksanaan asesmen
Memasang Proktor Browser Online pada Komputer Proktor
Memasang Exambrowser Client pada Komputer Peserta
Memastikan Komputer Proktor dan Komputer Peserta normal dan terbebas dari virus
2. Kegiatan Hari Pertama
2.1. Sebelum Pelaksanaan Asesmen
Memastikan koneksi internet stabil dan memadai
Menjalankan Proktor Browser Online pada Komputer Proktor
Memasukkan ID Proktor dan Password
Menyalakan Komputer Peserta, menjalankan Exambrowser Client, memastikan masuk laman login
Mengedarkan Daftar Hadir Peserta (oleh pengawas) setiap sesinya
2.2. Saat Asesmen Berlangsung (Laksanakan di setiap sesi)
Mengaktifkan Sesi di menu Status Tes
Masuk Menu Kelompok Tes, kemudian pilih Assign All dan klik Save Changes, dan uncheck siswa yang belum hadir
Rilis Token
Memastikan seluruh peserta yang hadir berhasil login dan melaksanakan Asesmen
Memastikan seluruh peserta yang hadir sudah menyelesaikan Asesmen (cek pada komputer proktor)
Isi Berita Acara (BA), mencetak dan menandatangani
2.3. Setelah Asesmen
Memindai (scan) Daftar Hadir dan Berita Acara (BA), dan mengunggah hasil pindai ke web ANBK
3. Kegiatan Hari Kedua
3.1. Sebelum Pelaksanaan Asesmen
Memastikan koneksi internet stabil dan memadahi
Menjalankan Proktor Browser Online pada Komputer Proktor
Memasukkan ID Proktor dan Password
Menyalakan Komputer Peserta, menjalankan Exambrowser Client, memastikan masuk laman login
Mengedarkan Daftar Hadir Peserta (oleh pengawas) setiap sesinya
2.2. Saat Asesmen Berlangsung (Laksanakan di Setiap Sesi)
Mengaktifkan Sesi di menu Status Tes
Masuk Menu Kelompok Tes, kemudian pilih Assign All dan klik Save Changes, dan uncheck siswa yang belum hadir
Rilis Token
Memastikan seluruh peserta yang hadir berhasil login dan melaksanakan Asesmen
Memastikan seluruh peserta yang hadir sudah menyelesaikan Asesmen (cek pada komputer proktor)
Isi Berita Acara (BA), mencetak dan menandatangani
2.3. Setelah Asesmen
Memindai (scan) Daftar Hadir dan Berita Acara (BA), dan mengunggah hasil pindai ke web ANBK
Ceklis Pekerjaan Proktor AN Moda Semionline
Bagi sekolah dan madrasah yang menggunakan moda semionline, berikut ceklis pekerjaan yang harus diperhatikan baik oleh proktor maupun teknisi AN.
1. Tahap Persiapan
Memastikan Instalasi Jaringan
Memasang UPS pada Komputer Proktor
Memastikan koneksi internet stabil
Instalasi VHD Fresh ANBK versi 13.0.0.1 dan Proktor Browser Semi Online pada Komputer Proktor
Melakukan Pembaharuan/Patching dan Registrasi (Submit) ID Proktor sesuai petunjuk pada Web ANBK
Melakukan Sinkronisasi Data sesuai petunjuk sinkronisasi pada web ANBK
Copy VHD Hasil Sinkronisasi
Memasang Transfer Respons (TR)
Memasang Exambrowser Client pada Komputer Peserta
Memastikan Komputer Proktor dan Komputer Peserta normal dan terbebas dari virus
2. Kegiatan Hari Pertama
2.1. Sebelum Pelaksanaan Asesmen
Pastikan Flashdisk Transfer Respons (TR) masih terpasang dan aktif untuk sharing
Menyalakan Komputer Proktor
Menjalankan VM lewat Proktor Browser Semi Online
Login CBT Sync dan memastikan status AKTIF
Menyalakan Komputer Peserta, menjalankan Exambrowser Client, memastikan masuk laman login
Mengedarkan Daftar Hadir Peserta (oleh pengawas) setiap sesinya
2.2. Saat Asesmen Berlangsung (Laksanakan di Setiap Sesi)
Mengaktifkan Sesi di menu Status Tes
Masuk Menu Kelompok Tes, kemudian pilih Assign All dan klik Save Changes, dan uncheck siswa yang belum hadir
Rilis Token
Memastikan seluruh peserta yang hadir berhasil login dan melaksanakan Asesmen
Memastikan seluruh peserta yang hadir sudah menyelesaikan Asesmen (cek pada komputer proktor)
Upload hasil peserta dan memastikan seluruh hasil jawaban peserta berhasil terupload
Cetak Laporan pelaksanaan dan menandatangani
Isi Berita Acara (BA), mencetak dan menandatangani
Backup data (source), simpan ke Flashdisk / HDD Eksternal
2.3. Setelah Asesmen
Copy VHD hasil Asesmen, dan backup (.source) ke HDD Eksternal
ZIP File hasil Transfer Respons (TR) dan memindahkan ke HDD Eksternal
Memindai (scan) Daftar Hadir dan Berita Acara (BA), dan mengunggah hasil pindai ke web ANBK
3. Kegiatan Hari Kedua
3.1. Sebelum Pelaksanaan Asesmen
Pastikan Flashdisk Transfer Respons (TR) masih terpasang dan aktif untuk sharing
Menyalakan Komputer Proktor
Menjalankan VM lewat Proktor Browser Semi Online
Login CBT Sync dan memastikan status AKTIF
Menyalakan Komputer Peserta, menjalankan Exambrowser Client, memastikan masuk laman login
Mengedarkan Daftar Hadir Peserta (oleh pengawas) setiap sesinya
3.2. Saat Asesmen Berlangsung (Laksanakan di Setiap Sesi)
Mengaktifkan Sesi di menu Status Tes
Masuk Menu Kelompok Tes, kemudian pilih Assign All dan klik Save Changes, dan uncheck siswa yang belum hadir
Rilis Token
Memastikan seluruh peserta yang hadir berhasil login dan melaksanakan Asesmen
Memastikan seluruh peserta yang hadir sudah menyelesaikan Asesmen (cek pada komputer proktor)
Upload hasil peserta dan memastikan seluruh hasil jawaban peserta berhasil terupload
Cetak Laporan pelaksanaan dan menandatangani
Isi Berita Acara (BA), mencetak dan menandatangani
Backup data (source), simpan ke Flashdisk / HDD Eksternal
3.3. Setelah Asesmen
Copy VHD hasil Asesmen, dan backup (.source) ke HDD Eksternal
ZIP File hasil Transfer Respons (TR) dan memindahkan ke HDD Eksternal
Memindai (scan) Daftar Hadir dan Berita Acara (BA), dan mengunggah hasil pindai ke web ANBK
Ceklis dalam format PDF dapat diunduh melalui tombol di bawah ini.
Beri Komentar